Main Kim - Sipulud
Headlines News :
Home » » Main Kim

Main Kim

Written By AchiyaK Deni on Rabu, 15 Agustus 2012 | 07.23

Main Kim merupakan salah satu permainan masyarakat Minangkabau yang sangat diminati mulai dari anak kecil, ibu-ibu, bahkan kakek nenek pun sangat menyukainya. Namun sayangnya permainan ini sudah jarang dimainkan. Dewasa ini permainan ini biasanya diselenggarakan sebagai rangkaian acara perkawinan.

Saat main Kim, setiap peserta diberi kartu yang berisi garis berbentuk kotak-kotak sebanyak 9 kolom x 6 baris atau kombinasi lainnya sesuai penyelenggara. Kotak-kotak tersebut ada yang berisi angka dan ada yang kosong. Cara mainnya adalah dengan mencocokkan angka yang terdapat di kartu dengan angka yang disebut oleh penyanyi Kim atau angka yang tertera di papan. Angka-angka tersebut didapat dari hasil kocokan batu-batu yang ada angkayan dalam kaleng. Penyebutan angka yang keluar dilakukan sambil bernyanyi seperti lagu Elly Kasim berikut:

Ka ladang mari lah ka ladang
Ka ladang batanam padi
Lok elok Tuan mamasang
Kok silap salah sandiri

Karanggo samuik nan sirah
Digaduah mangko manggigik
Kok main Tuan jan lengah
Pataba satinggi langik

Haw haw haw, tarompa kabau
Kudakak roda padati
Pek ampek kelok Maninjau
Disitu buah diisi

Diguncang batu diguncang
Diguncang sakali lai
Ti ati Tuan mamasang
Si satu jalan sandiri

Karambia satandan labek
Baminyak tangah kuali
Bapasan jo anak ketek
Si anam nan duo kali

Diguncang batu diguncang
Diguncang si jando mudo
Hei tolong si abang pasang
Pasangkan si tigo duo

Ka ladang mari lah ka ladang
Ka ladang batanam padi
Lok elok Tuan mamasang
Kok silap salah sandiri

Karanggo samuik nan sirah
Digaduah mangko manggigik
Kok main Tuan jan lengah
Pataba satinggi langik

Tatagak tonggak gantuangan
Sabaleh bilangan tangan
Si Nona jo si Noni
Basamo-samo manari

Balayia kapa main kim
Takatuang di lautan

Pemenang adalah peserta dengan angka yang satu baris angkanya sudah keluar/cocok semua (Jika disebut main satu baris). Bisa juga dua baris cocok semua jika disebut main dua baris dan seterusnya sampai empat baris.

Pemenang biasanya mendapat hadiah. Jika ada beberapa yang menang maka diundi lagi siapa yang mendapat angka paling besar menjadi pemenang utama dan lainnya biasanya mendapat hadiah hiburan.

Biasanya hadiah yang disediakan banyak sehingga mengundang harapan banyak orang . Hadiah ini disediakan oleh yang punya hajatan. Jadi permainan ini seperti pengundian door prize, namun lebih menarik karena penonton harus berusaha dulu baru mendapat hadiah.

Waktu yang dibutuhkan untuk main Kim ini cukup lama, bisa lebih dari empat jam. Acara ini diadakan oleh pemilik hajatan supaya masyarakat sekitar dan saudara-saudara bisa ikut menikmati kesenangan tuan rumah.

Dalam permainan ini tuan rumah biasanya  juga menyediakan makan dan minum untuk para peserta. Saking serunya para peserta enggan untuk beranjak barang sedetikpun dari tempat permainan karena jika pas angka terakhir dia keluar dan dia tidak ada, maka hadiahnya hilang lenyap sudah.... Kadang sampai lupa waktu karena sering acara ini diadakan malam mulai jam 9 dan berakhir sampai jam 2 pagi.



Read more: http://singkarak-traveler.blogspot.com
Voting Anda
Rating:9.5
Reviewer: AchiyaK Deni
Description: Main Kim
ItemReviewed: Main Kim
Anda sedang membaca artikel tentang Main Kim dan bila berkenan Anda bisa share artikel Main Kim ini dengan tombol share di bawah. Bila Anda bermaksud COPAS artikel Main Kim untuk diposting di blog Anda, mohon untuk meletakkan link Main Kim sebagai Sumbernya dengan mengcopy kode di bawah ini.

Get this widget
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Website | blogspot.com |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 29 Juni 2012. Sipulud - Padang panjang
AchiyaK ZanjabiL
Template Design by Creating Website Published by Mas Template