Misteri Terowongan antara Danau Singkarak dan Danau Maninjau - Sipulud
Headlines News :
Home » » Misteri Terowongan antara Danau Singkarak dan Danau Maninjau

Misteri Terowongan antara Danau Singkarak dan Danau Maninjau

Written By Unknown on Rabu, 15 Agustus 2012 | 07.50

Keberadaan terowongan antara Danau Singkarak dan Danau Maninjau dari dahulu sampai sekarang sudah menjadi cerita turun-temurun di kalangan penduduk Danau Singkarak dan Danau Maninjau. Sampai saat ini belum ada pembuktian ilmiah terhadap cerita tersebut.
Penulis sendiri mendapatkan cerita mengenai keberadaan terowongan tersebut dari nenek yang biasa kami panggil Uwak. Karena seringnya cerita tersebut disampaikan kepada kami, cerita tersebut sampai merasuk ke alam pikiran bawah sadar dan terbawa sampai ke alam mimpi. 
Saat penulis berenang dan kawan-kawan berenang di tepi Danau Singkarak yang airnya tenang dan jernih, tiba-tiba muncul suatu pusaran air yang menyedot kami dengan kuat. Kami berusaha untuk berenang ke tepian, namun pusaran air tersebut lebih kuat sehingga kami tidak kuasa menahan sedotannya. Tak lama kemudian kami pun merasa memasuki suatu terowongan air seperti gua-gua atau sungai bawah tanah, namun  kami tidak bisa bernafas sama sekali karena semua terowongan diliputi air. Napas kami sangat sesak....Tiba-tiba kami menyembul kembali ke permukaan danau dan mengamati sekeliling. Ternyata kami sudah tidak berada di Danau Singkarak lagi. Entah di mana kami berada...bagaimana caranya untuk pulang ke rumah...bagaimana nasib...kami. Kami pun semua menangis sekeras-kerasnya dan kemudian ....terbangun dari mimpi!
Keberadaan terowongan ini masih menjadi misteri sampai sekarang terutama karena belum ada pembuktian secara ilmiah. Namun demikian tetap ada kemungkinan bahwa terowongan tersebut memang ada. Alasan yang pertama adalah karena cerita  mengenai keberadaan terowongan tersebut sepertinya bukan cerita dongeng atau kaba yang biasanya ada maksud untuk pendidikan budi pekerti di dalamnya seperti cerita Malin Kundang anak durhaka, Legenda Batu Menangis, Legenda Bujang Sambilan dan lain-lain. Cerita mengenai keberadaan terowongan tersebut hanya diceritakan bahwa ada terowongan antara Danau Singkarak dan Danau Maninjau tanpa ada cerita lain yang mengiringinya. Jadi menurut dugaan penulis, kemungkinan di masa lalu memang ada orang yang tersedot masuk ke terowongan di Danau Singkarak tersebut dan kemudian muncul di Danau Maninjau. Atau orang tersebut memang tersedot oleh pusaran air dan kemudian muncul di bagian lain di Danau Singkarak dengan selamat. Supaya dianggap hebat atau sakti maka ada kemungkinan orang tersebut melebih-lebihkan cerita untuk mendramatisir suasana seperti yang biasanya dilakukan tukang kaba (pencerita).
Jika kita hubungkan cerita terowongan Singkarak-Maninjau dengan cerita terowongan Keraton Jogjakarta - Laut Selatan, maka mungkin keduanya memiliki korelasi secara mistis.
Kemudian jika kita hubungkan keberadaan Prasasti Tangga Batu Basurek di Sumpur Kudus yang tenggelam ke dasar Danau Singkarak dan adanya pusaran air di sekitarnya, ada kemungkinan maka pintu masuk terowongan tersebut dari Tangga Batu Basurek tersebut.
Secara logika ilmiah, maka keberadaan terowongan, atau sungai bawah tanah tersebut dimungkinkan. Contoh paling nyata adalah keberadaan sungai-sungai bawah tanah yang terdapat di Gunung Kidul Yogyakarta. Gunung Kidul merupakan daerah yang tandus dan sulit untuk ditanami tanaman produksi karena tanahnya berkarang-karang yang merupakan dasar laut yang terangkat ke daratan  jutaan tahun yang lalu. Namun meskipun tandus, dibawah bukit-bukitnya terdapat sungai-sungai bawah tanah yang mengalirkan air ke Laut Selatan. Salah satu sungai tersebut kemudian dimanfaatkan untuk sumber air minum.
Fakta lain yang mendukung adalah bahwa ada kemungkinan terowongan tersebut terbentuk karena proses tektonik pada Patahan Semangko karena Danau Singkarak dan Danau Maninjau berada pada jalur yang sama, meskipun terdapat fakta bahwa terbentuknya Danau Singkarak karena peristiwa tektonik yaitu karena pergeseran atas patahan sehingga membentuk lubang yang dalam (lebih dari 200m) sedangkan Danau Maninjau terbentuk dari peristiwa vulkanik yang merupakan kaldera dari Gunung Tinjau.
Untuk membuktikannya secara kasar dapat kita coba dengan menghitung debit air yang masuk ke Danau Singkarak dan debit keluarnya.  Air Danau Singkarak dipasok oleh dua sungai besar yaitu Batang Sumani dan Batang Sumpu. Sedangkan air keluar hanya melalui sungai Batang Ombilin dan PLTA Singkarak dan mungkin perlu juga dipertimbangkan faktor penguapan. Jika terdapat selisih debit air masuk dan keluar maka dapat kita pastikan bahwa terdapat indikasi bahwa terowongan memang ada.
Namun demikian mengenai misteri ini perlu ahli untuk membuktikannya. Mungkin bisa jadi bahan penelitian yang menarik bagi kampus setempat seperti Universitas Andalas, Universitas Bung Hatta dan lain-lain. Kita tunggu....!



Sumber : http://singkarak-traveler.blogspot.com
Voting Anda
Rating:9.5
Reviewer: Unknown
Description: Misteri Terowongan antara Danau Singkarak dan Danau Maninjau
ItemReviewed: Misteri Terowongan antara Danau Singkarak dan Danau Maninjau
Anda sedang membaca artikel tentang Misteri Terowongan antara Danau Singkarak dan Danau Maninjau dan bila berkenan Anda bisa share artikel Misteri Terowongan antara Danau Singkarak dan Danau Maninjau ini dengan tombol share di bawah. Bila Anda bermaksud COPAS artikel Misteri Terowongan antara Danau Singkarak dan Danau Maninjau untuk diposting di blog Anda, mohon untuk meletakkan link Misteri Terowongan antara Danau Singkarak dan Danau Maninjau sebagai Sumbernya dengan mengcopy kode di bawah ini.

Get this widget
Share this article :

1 komentar:

  1. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    BalasHapus

 
Support : Website | blogspot.com |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 29 Juni 2012. Sipulud - Padang panjang
AchiyaK ZanjabiL
Template Design by Creating Website Published by Mas Template