Misteri Penunggu Danau Singkarak - Sipulud
Headlines News :
Home » , » Misteri Penunggu Danau Singkarak

Misteri Penunggu Danau Singkarak

Written By Unknown on Rabu, 15 Agustus 2012 | 07.42


Semenjak saya mempunyai sepeda motor, maka tour de Sumatera Barat sudah menjadi hal wajib minimal setiap enam bulan sekali. Rute yang kami lewati biasa adalah Indarung - Lubuk Sikarah - Danau DiAtas - Danau Dibawah - Danau Singkarak dan menginap di rumah gadang. Rute lainnya adalah ke Padang Panjang - Bukittinggi - Danau Maninjau - Lubuk Basuang - Pariaman - Padang.

Dari beberapa danau yang saya datangi maka menurut saya yang paling jernih airnya adalah Danau Singkarak. Jika kita berhenti sejenak di pinggir Danau Singkarak sebelum melanjutkan perjalanan, maka kita akan melihat dasar danau yang jernih dan ikan-ikan bilih yang berkilauan di antara tali-tali hidrila dan jaramun yang mengalun seirama riak air danau.

Pertanyaan yang menjadi misteri adalah bagaimana Danau Singkarak yang luas tersebut airnya bisa tetap jernih seperti  air kolam yang memiliki filter?

Banyak faktor yang menyumbang penyebab danau ini menjadi kotor. Salah satunya adalah karena  danau ini dari dulu disamping merupakan sumber air minum untuk penduduk sekitar namun juga merupakan tempat mandi, cuci dan jamban.

Berdasarkan pengamatan saya, jika pagi hari air danau ini sangat tenang dengan riak-riak sangat kecil dan sangat bening sekali. Namun jika sudah siang sekitar jam 11 siang maka air danau akan bergelombang membentuk ombak-ombak kecil. Air pun menjadi keruh dan tidak layak untuk mandi ataupun untuk mengambil air minum. Ajaibnya jika sudah mendekati sore sekitar jam 4 lewat maka air akan kembali menjadi tenang dan bening....Apakah penyebabnya...

Dugaan saya ada beberapa kemungkinan. Pertama sumber airnya yaitu Sungai Batang Lembang dan Sungai Batang Sumpu airnya jernih. Kedua, kondisi alam Danau Singkarak.

Untuk dugaan pertama, berdasarkan pengamatan saya, air dari Batang Lembang tidak bening dan cenderung coklat tanah liat, meskipun tidak pekat, namun ada kalanya bening. Sementara air dari Batang Sumpu saya belum pernah mengamatinya.

Namun saya lebih tertarik kepada dugaan kedua. Dasar Danau Singkarak berpasir (yang pasti adalah pada pinggirannya) karena untuk ke bagian yang dalam saya belum pernah mengamatinya. Saya lebih condong kepada dugaan ini karena pasir dapat berfungsi sebagai filter yang dapat menyaring air yang kotor menjadi bersih kembali.

Semua ini hanya dugaan logika saya saja. Perlu ahli hidrologi atau ahli tentang danau yang menyelidikinya. Sangat menarik dan menantang menurut saya.... Jika kaki saya tidak terikat pekerjaan seperti saat sekarang mungkin saya akan mencoba mencari tahu jawaban atas misteri ini, seperti Indiana Jones mencari harta karun. Jika ada yang tahu jawabannya tolong bantu saya agar saya dapat menjawab misteri ini...

Misteri tetaplah misteri, bahkan mistis,  sampai ada ahli yang dapat membuktikannya....

Sumber  : http://singkarak-traveler.blogspot.com/
Voting Anda
Rating:9.5
Reviewer: Unknown
Description: Misteri Penunggu Danau Singkarak
ItemReviewed: Misteri Penunggu Danau Singkarak
Anda sedang membaca artikel tentang Misteri Penunggu Danau Singkarak dan bila berkenan Anda bisa share artikel Misteri Penunggu Danau Singkarak ini dengan tombol share di bawah. Bila Anda bermaksud COPAS artikel Misteri Penunggu Danau Singkarak untuk diposting di blog Anda, mohon untuk meletakkan link Misteri Penunggu Danau Singkarak sebagai Sumbernya dengan mengcopy kode di bawah ini.

Get this widget
Share this article :

7 komentar:

  1. As salam
    Penunggunya berbentuk seperti ikan hiu tapi bukan ikan hiu, warna putih.
    "Dia" akan memperlihatkan wujudnya di saat pertengahan bulan Ramadhan dan Lebaran (entah iedul fitri atau iedul adha).
    Wujud nya akan datang 7 tahun sekali.
    Dimanapun kita berada hendaknya kita berpegang teguh kpd Allah, bahwa itu adalah tanda-tanda kebesaran Allah. Kita sebagai Khalifah di Di dunia patut menjaga alam ini sebagaimana mestinya.
    Biarkan misteri ini tetap menjadi misteri.
    wallohu'alam bishowab
    "Makhluk tidak dapat memberi manfaat atau mudharat kecuali ijin dari Allah".

    BalasHapus
  2. ihhhh serem denger ceritanya..
    tp memang benar itu adanya?

    mariiiii http://tanjungherbal.com/ace-maxs/

    BalasHapus
  3. serem bangetttt cerita itu yaaaa..

    mampir yuk gan http://mobildatsunbandung.com/

    BalasHapus
  4. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    BalasHapus
  5. apa sekarang sudah ketemu jawabannya gan?
    terimakasih ;)

    klick here http://obatdiabetesalamijg.com/

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Mengapa air danau tetap jernih sedangkan air yg masuk dari sungai berwarna merah lumpur.

    Logika saya begini, berat jenis air yg masuk dari sungai lebih berat dari berat jenis air yg telah ada di danau, karena berat jenisnya lebih berat air sungai masuk kedanau akan lansung menyusuri dasar danau dan terus keluar melalui muara danau seperti sungai Ombilin

    Sedangkan air jernih yg telah ada didalam danau adalah air yg berasal dari mata air dari pegunungan sekeliling danau dari hasil resapan air hujan yg disimpan tanah pegunungan.

    Inilah logika saya, lantas bagaimana pendapat anda, secara logika atau misteri???

    BalasHapus

 
Support : Website | blogspot.com |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 29 Juni 2012. Sipulud - Padang panjang
AchiyaK ZanjabiL
Template Design by Creating Website Published by Mas Template