Lapuknya Balai Nagari - Sipulud
Headlines News :
Home » » Lapuknya Balai Nagari

Lapuknya Balai Nagari

Written By AchiyaK Deni on Rabu, 15 Agustus 2012 | 07.34


Balai dalam pengertian orang minang berarti tempat pertemuan, yang wujudnya bisa berbentuk Gedung Pertemuan atau Pasar. Keberadaan Balai Nagari ini mirip dengan keberadaan Alun-Alun di Jawa, dimana alun-alun biasanya menjadi pusat sosialisasi masyarakat.

Keberadaan Balai Nagari di Sumatera Barat saat ini banyak yang tidak terawat. Hal ini menunjukkan kurangnya penghargaan terhadap kelembagaan adat yang ada. Keberadaan Balai Nagari tidak lagi menjadi prestise/kebanggaan suatu suku/kaum/nagari. Bahkan mereka sudah tidak malu jika Balai Nagari mereka lusuh, kusam, lapuk dan hancur dimakan rayap.

Saat ini sangat sulit untuk mencari Balai Nagari yang representatif dan dapat dibanggakan. Mungkin salah satunya ada di Nagari Singkarak yang berada dekat Danau Singkarak. Fotonya seperti dibawah ini.


Namun keberadaan Balai Nagari Singkarak juga tidak terawat dan dirusak keindahannya oleh bangunan dari beton yang menempel disampingnya. Bahkan kadang-kadang bagian bawahnya menjadi tempat bernaung binatang.

Beberapa Balai Nagari lainnya dapat kita lihat pada gambar berikut:



Sumber : http://singkarak-traveler.blogspot.com/
Voting Anda
Rating:9.5
Reviewer: AchiyaK Deni
Description: Lapuknya Balai Nagari
ItemReviewed: Lapuknya Balai Nagari
Anda sedang membaca artikel tentang Lapuknya Balai Nagari dan bila berkenan Anda bisa share artikel Lapuknya Balai Nagari ini dengan tombol share di bawah. Bila Anda bermaksud COPAS artikel Lapuknya Balai Nagari untuk diposting di blog Anda, mohon untuk meletakkan link Lapuknya Balai Nagari sebagai Sumbernya dengan mengcopy kode di bawah ini.

Get this widget
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Website | blogspot.com |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 29 Juni 2012. Sipulud - Padang panjang
AchiyaK ZanjabiL
Template Design by Creating Website Published by Mas Template